Affiliate Company

Analisis Pemain Andalan dan Taktik Di Grup B

0

Spanyol

Andres Iniesta

Iniestra sudah memasuki usia 30 tahun. Namun peran Andres Iniesta di lini tengah Spanyol jelas tidak bisa dengan mudah. Pengalaman dan juga factor ketenangan yang dimiliki oleh Iniesta sebagai pengatur serangan dan juga pengalir bola ke lini depan jelas sulit untuk di gantikan. Tidak salah jika Del Bosque mengandalkan sosok Iniesta untuk mengalirkan bola ke lini depan.

Berbicara masalah taktik, Del Bosque memanggil 7 pemain Barcelona ke skuad tim nasional Spanyol yang jelas mengindikasikan bahwa Del Bosque akan menggunakan gaya tiki-taka yang ia terapkan di Piala Dunia 2010 dan juga Euro 2012. Del Bosque akan tetap mengusung pola 4-2-3-1 dimana ia akan menggunakan “striker palsu” guna mendominasi permainan. La Furia Roja kemungkinan besar akan mengantur ritme permainan dan membuat lawan bermain seperti gaya mereka. Dan Del Bosque harus mencari skema lain jika formasi dan taktik tersebut sudah mentok.

Belanda

Robin van Persie

BIsa jadi penampilan buruknya di Manchester United yang diganggu oleh cedera akan membuat RvP tampil total. Dan ia harus bermain maksimal dan juga tetap menjadi andalan De Oranje di lini depan di bawah asuhan Louis Van Gaal. RvP sendiri ingin melanjutkan tren positif ketika ia menjadi top skor zona Eropa dengan raihan 11 gol. Dan ia juga menjadi top skorer Belanda dengan otal 43 gol.

Untuk taktik sendiri pelatih Louis van Gaal tampaknya akan tetap menggunakan formasi 4-3-3 yang ia terapkan di babak kualifikasi. Dan Van Gaal harus mencari cara guna menggantikan peran Kevin Strootman. Bisa jadi Van Gaal akan mengobah pola dari formasi andalan ke 5-3-2 yang bisa divariaskan sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja Belanda akan bermain ofensif untuk mencari gol.

Cili

Alexis Sanchez

Alexis Sanchez jelas memiliki peran penting di skuad Cili guna membawa mereka lolos ke Piala Dunia Brasil 2014. Pemain Barcelona ini mampu mencetak 4 gol selama babak kualifikasi. Dan kala mereka mengalahkan Inggris tahun lalu, Alexis sendiri mampu mencetak 2 gol dan menyamai rekor Marcelo Salas. Sanchez jelas akan menjadi andalan di Piala Dunia 2014 ini.

Sampaoli mempunyai kemiripan dengan taktik Marcelo Bielsa. Ia mengusung pola serangan dengan meletakkan 3 penyerang dimana 2 penyerang akan bergerak di sektor sayap. Dan 2 sayap ini akan ditemani 2 wing-back yaitu Eugenio Mena dan Mauricio Isla untuk membantu Alexis Sanchez dalam menyerang dan juga bertahan sama baiknya.

Australia

Tim Cahill menjadi bintang bagi Australia. Ia mampu mencetak 3 gol di babak kualifikasi dan membawa skuad Australia lolos ke Piala Dunia untuk ke 3 usai Piala Dunia 2006. Dan Cahill sendiri menjadi pencetak gol terbanyak Australia dengan raihan total 31 gol.

Australia memiliki pelatih anyar yang tentu saja memiliki formasi baru. Pelatih Ange Postecoglou yang merupakan mantan pelatih Brisbane Roar dan Melbourne Victory ini hanya memiliki waktu yang sempit sebelum Piala Dunia. Formasi 4-2-3-1 tampaknya menjadi andalan dengan Tim Cahill berada di lini depan. Dan tentu saja kolektifitas permainan Australia menjadi andalan untuk skuad Ange Postecoglou ini.

Share.

About Author